Rabu, 11 Maret 2020

Pecel Pakis Khas Colo

 PECEL PAKIS KHAS COLO

Di Kudus bukan hanya ada soto ayam dan kerbau yang enak. Ada juga racikan pecel sedap memakai daun pakis muda. Krenyes pedas gurih rasanya. Tepatnya di wilayah perbukitan Colo, Muria, atau di sekitar makam Sunan Muria. Ada pecel yang sedap, namanya pecel pakis.

Selain Jenang, Ada Pecel Pakis yang Sedap di Kaki Bukit Muria

Pakis sayur yang dalam bahasa latinnya 'diplazium esculentum', adalah tumbuhan yang tumbuh di daerah lembap. Bentuk daunnya tak beda dengan tanaman hias pakis. Di Sumatera Barat dikenal dengan nama 'paku'. Biasa diolah menjadi gulai dan tumisan. Punya khasiat menyembuhkan luka, hingga mencegah penuaan dini.

 Kuliner Kudus, Pecel Pakis Ternyata Berasal dari Solo. Begini Sejarahnya

 Adapun yang membedakan pecel pakis dengan lainnya, tentu saja daun pakisnya. Selain juga, adanya campuran kencur dan daun jeruk pada bumbu pecelnya. Sedangkan bumbu pecel terdiri atas kencur, gula merah, bawang putih, jeruk wangi, asam Jawa dan sedikit garam. Semua bumbunya kecuali gula dan garam. digerus halus.

Lalu, kacang tanah goreng dan bumbunya ditumbuk atau digiling halus. Ditambah sedikit air matang untuk melarutkan hingga menjadi saus yang kental. Seperti bumbu pecel pada umumnya.

 Selanjutnya, daun pakis, kacang panjang, bayam, taoge dan sayur lain dipotong- potong sebelum direbus matang. Cara penyajiannya, nasi secukupnya ditaruh di piring, di atas nasi diberi sayur mayur, dan diguyur bumbu pecelnya. Jadilah menu yang siap dilahap.

Kalau mau lebih komplet, bisa ditambah lauk lain seperti seperti telur dadar, tempe, tahu, bakwan, dan aneka gorengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar